Scamper

Scamper adalah sebuah singkatan yg dibuat oleh Bob Eberle yg berguna untuk merepresantasikan hasil dari ide yg dipicu oleh beberapa pertanyaan. Beberapa pertanyaan dalam scamper dibuat oleh org yg menemukan cara brainstorming yaitu Alex Osborne. Scamper sangat berguna bagi kita bersama sebagai latihan dalam pola berpikir kreatif. Berikut ini adalah penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan yg mewakili singkatan dari Scamper :      S = Substitute? (menggantikan) = hal ini meliputi pemikiran kita akan                                      hal-hal apa saja yg dapat kita singkirkan atau eliminasi.

C = Combine? (mengkombinasikan) = pertanyaan ini meliputi apa saja yg dapat kita kombinasikan, bagaimana yg akan terjadi jika kita kombinasikan antara a dan b, dan hal apa saja yg akan terjadi setelah itu.

A = Adapt (adaptasi) = pertanyaannya adalah bagaimana jika kita  mengganti hal ini.

M = Modify? (modifikasi) = berusaha untuk selalu memperbaharui.

P = Put to other use? = berpikir untuk mencari kegunan lain dari suatu hal yg dapat menguntungkan para penggunanya.

E = Eliminate? (Eliminasi atau memperkecil) = Berpikir untuk memposisikan keadaan jika menghilangkan atau memperkecil suatu hal. Seperti berpikir seberapa untung atau rugikah dengan hilangnya 1sebuah hal.

R = Reverse / Rearrange (terbalik/mengatur ulang) = Berpikir dengan cara yg benar-benar terbalik, seprti bertanya bagaimana jika kita melihat suatu hal dari sudut pandang kita yg benar-benar berlawanan arah.

Advertisements

About muhamadarfan

no pain no gain
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s